What Am I Going To Do in The Future?

18 Dec

Hai hai! Sebenernya saya bingung sih mau nulis apa dan harus nulis apa di postingan yang ini. Future? Iya masa depan, apa yang akan saya lakukan di masa depan? Di masa yang akan datang? Hmm okay. Kalau ditanya nanti mau jadi apa, kerja apa, pastinya sih banyak ya yang terlintas di pikiran saya, banyak banget. Dulu waktu saya masih SD, sering banget ditanyain sama orang tua, om, tante, kakek, nenek cita-citanya jadi, pasti saya jawab mau jadi dokter. Hal itu bertahan sampai saya kelas 6 SD, bahkan saya udah spefisik mau jadi dokter mata (ngga tau kenapa dokter mata ya haha). Lanjut udah SMP, cita-cita saya berubah, saya mau jadi psikolog. Waktu itu saya liat ada seorang psikolog muncul di TV, namanya mbak Romi. Beliau cukup sering muncul di beberapa acara talkshow di TV dan juga merupakan dosen fakultas psikologi di salah satu perguruan tinggi negri di Depok. Ngga tau kenapa pas liat dia ngomong saya langsung terinspirasi dan pengen jadi psikolog, meskipun pada saat itu saya ngga tau2 banget psikolog itu apa, kerjanya ngapain aja. Lanjut lagi SMA, keinginan jadi psikolog masih kuat, tapi saya jadi punya alternatif lain, kali ini dokter gigi. Ngga tau itu kenapa bisa terlintas di pikiran, pokoknya kalo ga jadi psikolog jadi dokter gigi.

bu-romi

Dr. Rose Mini A. P., M.Psi (sering disapa dengan panggilan Mbak Romi).

Akhirnya pas saya kelas 12 SMA, saya ikutlah tes penerimaan mahasiswa baru di salah satu universitas swasta di Jakarta Barat. Dua kali tes, dua kali pula gagal. Hopeless pasti, sedih, kecewa karena merasa cita-cita saya jadi dokter gigi ngga bisa tercapai. Tapi saya pantang menyerah, saya mencoba tes lagi di salah satu universitas swasta di daerah Bintaro. Akhirnya saya diterima disitu. Senang banget rasanya. Tapi….. Pada akhirnya saya sedih lagi, karena satu dan lain hal saya melepaskan universitas itu, saya ngga ambil. Lagi-lagi sedih, nangis, karena ini udah pasti banget saya ngga bisa jadi dokter gigi. Tapi lama-lama saya terima. Karena masih ada alternatif satu lagi, psikologi. Harapan saya sangat tinggi untuk kuliah psikologi di perguruan tinggi negri. Semua rangkaian tes saya ikuti namun memang bukan jalan saya, jadi saya tidak diterima. Sedih juga, merasa kecewa sama diri sendiri, tapi ya udah harus diterima. Sampai akhirnya sekarang saya duduk di semester 7 di fakultas psikologi Universitas Gunadarma. Cita-cita saya jadi psikolog sebentar lagi tercapai (Aamin).

Sekarang sudah di penghujung tahun 2015, dalam beberapa minggu lagi kita sudah memasuki tahun 2016, tahun yang saya nanti-nantikan. Kenapa? karena di tahun 2016 saya sudah memasuki semester 8, dimana tahun ke-4 saya kuliah dan  insya Allah saya sudah menyelesaikan studi saya selama 4 tahun di fakultas psikologi. Ngga pernah terlintas di pikiran saya bahwa waktu akan berjalan secepat ini. Sebentar lagi saya akan meninggalkan bangku kuliah, meninggalkan teman-teman kuliah saya, ngga akan ketemu lagi sama tugas-tugas kuliah. “Terus abis lulus kuliah mau ngapain?” Ya kerja! Hahaha. “Kerja apa?” “Kerja dimana?” “Mau jadi apa?” Pertanyaan itu sudah mulai muncul belakangan ini dari orang tua, om, tante, bahkan teman-teman saya. Cita-cita saya jadi psikolog sudah hampir setengah jalan. Kenapa setengah jalan? Karena jadi psikolog itu harus sekolah lagi S2, sehingga baru bisa disebut psikolog. “Jadi mau langsung sekolah S2 setelah selesai S1?” Tentunya tidak langsung. Keinginan dan harapan terbesar saya adalah saya ingin sekolah S2 dengan biaya saya sendiri tanpa bantuan orang tua, bahkan bila perlu saya ingin mendapat beasiswa. Karena saya merasa bahwa ada saatnya saya perlu membiayai keinginan saya dengan hasil usaha saya sendiri. Saya ingin kerja, berkarir terlebih dahulu setelah lulus S1. Saya terpikir untuk bekerja di oil company. “Kenapa oil  company?” “Jadi bagian apa di oil company? Staff HRD ya?” “Pasti mau cari gaji yang gede ya bla bla bla?” Biasanya sih itu ya komentar orang kalo udah denger oil company hahaha. Ngga salah juga sih dan saya juga ngga mengelak. Memang biasanya kalo dari lulusan psikologi jadi bagian di staff HRD. Saya juga pengen tau hal-hal apa aja sih yang dilihat dari seseorang supaya bisa diterima kerja di suatu perusahaan? Tentunya kita tau kan mencari pekerjaan itu susah-susah gampang. Selain itu,  katanya dan faktanya di oil company itu bisa jadi sejahtera. Tapi apa cuma itu yang saya  cari? Ngga juga. Saya ingin sekali bisa ke luar negri, bekerja dengan orang-orang asing. Mengetahui bagaimana karakter mereka dan etos kerja mereka. Makanya sekarang ini saya mau improve bahasa Inggris saya lagi. Mau coba tes TOEFL juga karena katanya itu juga dilihat di perusahaan multi/internasional. Keliatannya seru dan mengasyikkan, tapi ya belum tau juga sih. Tapi saya juga ngga maksain harus oil company juga kok, ya kerja di bank BUMN/swasta juga akan saya coba, tapi memang oil company adalah pilihan utama saya. Sambil bekerja saya bisa berpikir untuk nantinya saya mau ambil S2 psikologi apa, klinis kah, PIO atau apa? Karena sejujurnya saya masih bingung bidang psikologi apa yang saya minati. Sempat ingin psikolog klinis, tapi masih ragu-ragu. Karena itu lah saya memilih untuk berkarir terlebih dahulu baru deh sekolah lagi. Atau berkarir terus menikah dulu? Hahahaha duh sekarang aja masih usaha mencari jodoh yang terbaik (loh jadi curhat?). Oke kita skip aja :p

Panjang yang cuma ceritain mau jadi apa nanti abis lulus kuliah? Hehehe ya begitulah. Saat ini saya lagi berjuang menyelesaikan semester 7 saya sambil nyicil bikin skripsi. Kadang lelah, bukan fisik tapi pikirannya. Mikirin tugas lah skirpsi lah, cape mikirnya. Iya dipikirin aja sih harusnya kan dikerjain. Kalo lagi males, saya langsung mikir, katanya mau kerja di tempat yang bagus, perusahaan bagus, katanya mau ke luar negri, ya ayo dikerjain tugas-tugasnya. Saya mohon doa dari kalian semua teman-teman, semoga kuliah saya lancar, skripsi lancar, jodoh saya lancar (curhat lagi) pokoknya urusan akademik saya lancar aamin. Doain juga semoga pekerjaan yang saya idam-idamkan bisa tercapai, dan tentunya saya bisa membahagiakan dan membanggakan orang tua saya. That’s the things that I’m going to do in the future, how about you?

27228-apa-yang-kita-dapat-hari-ini-adalah-hasil-pilihan-yang-kita

Leave a Reply

