Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental?

30 Jun

Kita semua tentunya tahu bahwa belakangan ini, banyak sekali peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan ketidaksehatan mental seseorang. Peristiwa-peristiwa yang masih hangat belakangan ini misalnya kasus phedofilia, pelecehan seksual, kekerasan pada anak dan dalam rumah tangga dan mungkin masih banyak lagi peristiwa-peristiwa tersebut namun tidak ter­-expose oleh media. Sebagian dari korban mungkin berani melaporkan hal tersebut, namun sebagian besar lagi mungkin merasa takut untuk melaporkan, takut akan tekanan dan ancaman dari si pelaku. Hal tersebut membuat saya sedih dan sangat menyayangkan hal tersebut. ‘Penjara’ saja menurut saya tidak sertamerta menyelesaikan masalah dan membuat tobat si pelaku yang tidak berperikemanusiaan tersebut. Meskipun begitu, saya yakin pasti ada cara lain, seperti misalnya dengan rehabilitasi dengan psikolog atau psikiater di Rumah Sakit Jiwa. Dengan terapi-terapi yang diberikan, setidaknya bisa membuat kondisi mental si pelaku tersebut bisa normal kembali. Maka dari itu, sangat penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan mental kita, agar kita dapat berperilaku sehat di dalam masyarakat. Menurut saya pribadi, ada beberapa hal yang bisa dijadikan cara untuk menjaga kesehatan mental, yaitu:

  1. Hindari Stress

Dalam menjalani hidup, memang sulit untuk menghindari stress. Stress merupakan akumulasi dari depresi, dimana seseorang tidak bisa mencapai tujuannya, dan hal itu terjadi terus menerus. Alangkah baiknya jika kita hidup penuh syukur. Tetap berusaha untuk mencapai tujuan, namun ketahuin kemampuan kita, sejauh mana kita bisa menjalani usaha tersebut, dan jangan dipaksakan jika kita memang tidak mampu.

 

  1. Menceritakan Masalah

Jika kita memiliki kesulitan, lebih baik ceritakan kepada orang lain, tentunya orang yang kita percaya dan yakin bahwa orang tersebut bisa memberikan solusi atau jalan keluar, seperti misalnya orang tua atau sahabat. Dengan bercerita kepada orang lain, emosi-emosi negative yang  biasanya kita simpan sendiri dan membuat kita merasa tertekan, pelan-pelan akan menghilang dan kita merasa lebih lega, pikiran pun kembali fresh. Solus dari orang-orang terdekat pun dapat kita cerna dengan baik dan kita dapat berpikir jernih.

 

  1. Cari Aktivitas/Kegiatan

Ikutilah kegiatan di luar rumah yang dirasa cukup mengasyikan dan menyenangkan dan merupakan kegiatan yang positif. Carilah udara segar, bertemanlah dengan lingkungan yang baru. Dengan begitu, mood kita yang sebelumnya negate akan menjadi positif.

 

  1. Bersyukur

Mungkin hal ini bisa dibilang cukup klise. Namun inilah hal terpenting. Hidup ini harus selalu disyukuri. Rasa syukur akan memberi ketenangan dalam jiwa, dan tentunya dapat berpengaruh ke mental kita. Lakukanlah yang terbaik dalam hidup, berusahalah semaksimal mungkin, lalu setelah mendapat hasilnya, bersyukurlah, misalnya dengan mendekatkan diri kepada Yang Maha Esa.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental menurut saya sendiri. Saya berharap semoga kita semua termasuk saya sendiri dapat menjalankan hal tersebut. Saya tidak ingin peristiwa-peristiwa atau kasus-kasus kekerasan, khususnya kekerasan seksual makin marak terjadi kedepannya. Semoga peristiwa-peristiwa yang telah terjadi dapat kita ambil hikmahnya dan belajar dari peristiwa tersebut.

 

“Mens Sana In Corpore Sano”

“Di Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Sehat”

 

Nama   : Annisa Riska Medita

Kelas   : 2PA09

NPM   : 10512977

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: