Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan Manusia

26 Apr

global-connection

    Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, atau yang biasa kita sebut dengan singkatan IPTEK, merupakan suatu hal yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia. Manusia tanpa IPTEK ibarat sayur tanpa garam yang akan terasa hambar, manusia tanpa IPTEK tentu akan merasa seperti kekurangan suatu hal, kehidupan ini akan terasa seperti tidak ada apa-apa, tidak ada tantangannya. Seperti yang sudah saya bahas dalam postingan saya sebelumnya, bahwa manusia terlahir dengan rasa keingintahuan yang tinggi, dan mencari tahu tentang segala hal secara terus menurus, dan itulah mengapa IPTEK saat ini sangat berkembang pesat. Manusia selalu merasa tertantang untuk mencari teknologi baru guna melengkapi kebutuhan dan menjalani aktifitas sehari-hari.

   Saat ini, perkembangan IPTEK sudah bias dikatakan sangat pesat, hampir seluruh manusia di dunia ini sudah sangat akrab dengan IPTEK. IPTEK berperan penting dalam hampir seluruh bidang, seperti pendidikan, sosial budaya, atau juga ekonomi. Pada pembahasan ini, saya akan menekankan tentang IPTEK dalam bidang sosial budaya. Sekarang ini, kita dapat dengan mudahnya dapat melihat dunia dari rumah kita sendiri. Maksudnya, kita dapat menjelajahi informasi mengenai segala aspek di dunia hanya dengan mengakses melalui dunia maya (internet) dari komputer kita masing-masing. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini komputer dan internet bukan lagi suatu hal yang langka. Tidak hanya di rumah, mengakses segala informasi dari internet dapat dilakukan dimana saja, di kantor, di sekolah, atau dimanapun kita berada. Salah satu contoh teknologi yang sukses diterapkan adalah teknologi wi-fi, yang merupakan teknologi dimana menyambungkan internet dengan komputer tanpa harus menghubungkan kabel internet dengan komputer, kini kian menjamur di tempat-tempat umum, bahkan kendaraan umum seperti bus juga memiliki wi-fi, kemudian teknologi smartphone dengan berbagai software yang canggih pun juga kian tumbuh pesatnya. Teknologi-teknologi ini dirancang sedemikian rupa pasti memiliki tujuan yaitu untuk memudahkan kita manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup, baik jasmani atau rohani. Namun, perlu kita ketahui bahwa perkembangan IPTEK memiliki dampak bagi kehidupan kita, baik itu dampak positif dan negatif.

    Dampak positif dari perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia adalah:

1. Mempermudah dalam mencari berbagai informasi
Dengan perkembangan IPTEK ini, kita akan semakin mudah untuk mencari informasi dari seluruh dunia, dari A-Z. Misalnya, para murid atau mahasiswa dapat dengan mudah mecari referensi belajar, atau bisa juga belajar secara online melalu internet, dengan begitu, para murid dan mahasiswa tentunya akan lebih paham mengenai materi pelajarannya. Selain itu, kita akan semakin up-to-date terhadap masalah-masalah atau infromasi terbaru dari berbagai belahan dunia, sehingga tentunya wawasan kita akan semakin luas.

2. Mempermudah dalam berkomunikasi
Komunikasi yang dilakukan saat ini tidak hanya sebatas telepon atau sms, namun sudah banyak teknologi yang diciptakan manusia, seperti dibuatnya jaringan sosial media facebook, twitter, path, line, yahoo messenger dan lain sebagainya, yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Hanya dengan menggunakan smartphone, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda kota bahkan Negara sekalipun dengan mudahnya. Ada juga webcam dimana kita bisa berbicara dan melihat wajak lawan bicara secara langsung. Dengan adanya teknologi tersebut, komunikasi pastinya akan semakin mudah.

3. Membuat manusia berpikir kreatif
Dengan perkembangan IPTEK yang semakin hari kian berkembang pesat, manusia akan merasa tertantan untuk menciptakan berbagai hal baru yang tentunya bertujuan untuk memudahkan manusia dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Manusia akan berpikir sekreatif mungkin untuk melakukan, merancang, dan menciptakn hal-hal baru yang tentunya berguna bagi kehidupan manusia sekarang, saat ini, dan saat yang akan dating, dimana hal atau bahkan hasil karya tersebut tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

   Dampak negatif perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia adalah:

1.Sosialisasi antar manusia secara langsung dapat berkurang. Karena dengan berkembangnya teknologi seperti smartphone atau berbagai jaringan sosial, manusia merasa bahwa bersosialisasi atau berkomunikasi semakin mudah hanya dengan mengklik smartphonenya dengan aplikasi komunikasi yang diinginkan. Padahal, sosialisasi dan komunikasi lebih bagus jika dilakukan secara langsung, secara tatap muka, hidup manusia tidak hanya sebatas dunia maya saja, tapi ada dunia nyata yang jauh lebih penting. Tidak heran jika ada perkataan bahwa teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, dan hal itu memang terjadi pada kehidupan manusia saat ini.

2.Mudah terpengaruh budaya asing. Kemajuan teknologi yang memudahkan manusia mencari berbagai informasi, informasi yang didapat terkadang tidak dipilih terlebih dahulu. Hal-hal baru yang kita terima yang terlihat lebih canggih dan lebih maju terkadang kita yakini bahwa hal tersebut dapat memudahkan kita dalam menjalani kehidupan, padahal tidak semuanya harus kita terima begitu saja

    Perkembangan IPTEK dalam kehidupan manusia tentunya memiliki dampak positif dan negatif. Maka dari itu, sebagai manusia yang memiliki akal pikiran, kita harus berpikir untuk menggunakan dan menerapkan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari, berpikir sebelum melakukan sesuatu hal, karena segala sesuatu meiliki dampak positif dan negatif, dimana dampak tersebur berjangka pendek atau panjang. Jadi, bijaksanalah dalam mengahadapi dan dalam menerima segala perkembangan IPTEK.

Nama : Annisa Riska Medita

Kelas : 1PA10

NPM  : 10512977

About these ads

5 Responses to “Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan Manusia”

  1. diana July 11, 2013 at 1:03 AM #

    keren lagunya… =D

  2. arum syafrilia November 3, 2013 at 9:56 AM #

    lagunya baguss mb, judulnya apa ya ?

    • Annisa Riska March 28, 2014 at 5:40 PM #

      Halo arum, judul lagunya Gravity by: Sara Bareilles :)

  3. Monster Comunitx January 27, 2014 at 9:00 AM #

    mkasih gan artiklnya bagus, izin share ya gan.,.,:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: